Berencana Melakukan Diet ? Berikut Cara Diet Alami dan Sehat yang Wajib Kamu Tahu

Berencana Melakukan Diet ? Berikut Cara Diet Alami dan Sehat yang Wajib Kamu Tahu

Memiliki bentuk dan berat badan yang ideal tentu selalu menjadi dambaan bagi setiap orang. Selain sebagai penunjang penampilan, berat badan ideal juga berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Biasanya orang yang mengalami kelebihan berat badan akan melakukan berbagai cara diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, entah itu dengan cara mengubah pola makan, rajin melakukan olahraga atau metode-metode lain untuk mendapatkan body goals nya.

Namun, sebagian orang yang melakukan diet mereka tidak menerapkan pola diet sehat, bahkan kebanyakan cenderung mengkonsumsi obat-obatan diet yang berbahan kimia yang nantinya akan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatannya. Bukannya mendapatkan tubuh yang langsing malah berpenyakitan.

Tenang, ternyata ada loh cara diet alami dan sehat serta aman dilakukan tanpa efek samping. Nah, bagaimana caranya?

Mengenal Jenis-Jenis Diet

Jenis Diet Alami dan Sehat

Sebelum kamu melakukan diet, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis diet alami yang dapat kamu lakukan. Memang, saat ini banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan, tetapi kamu harus hati-hati juga dengan efek sampingnya dan apakah diet tersebut cocok atau tidak dengan tubuhmu. Berikut beberapa jenis diet populer yang mungkin ingin kamu coba :

1. Diet OCD

Diet OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet merupakan jenis diet yang dipopulerkan oleh artis sekaligus mentalis asal Indonesia yaitu Deddy Corbuzier.

Intinya, diet ini dilakukan dengan cara dimana seseorang harus berpuasa makanan namun diperbolehkan mengkonsumsi minuman yang tidak mengandung kalori sama sekali sepeti air putih, teh tawar dan kopi pahit. Enaknya dalam diet OCD ini, kamu tidak dilarang untuk makan apapun, namun pada waktu yang sudah ditentukan dan asalkan dalam porsi yang cukup serta tidak berlebihan.

Ada beberapa level atau para diet OCD menyebutnya dengan istilah ‘masa jendela’, dimana pada masa jendela ini merupakan aturan jangka waktu tertentu untuk memperbolehkan kita mengkonsumsi makanan.

Untuk para pemula disarankan untuk mengikuti masa jendela pertama dimana kamu bebas makan dalam kurun waktu 8 jam dan kemudian kamu berpuasa selama 16 jam. Setelah terbiasa dengan level pertama, maka kamu dianjurkan untuk melanjutkan ke level kedua yaitu kamu bebas makan selama 6 jam dan berpuasa selama 18 jam. Selanjutnya level terakhir kamu memiliki waktu bebas makan selama 4 jam dan kemudian berpuasa lagi selama 20 jam.

2. Diet Ketogenik

Diet ketogenik atau sering disingkat dengan sebutan diet keto ini sedikit berbeda dengan diet-diet lainnya, dimana diet yang lain sangat menghindari makanan yang mengandung lemak. Justru diet keto ini malah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lemak tinggi dan rendah karbohidrat.

Mekanisme diet ini yaitu mengandalkan pemecahan lemak yang biasanya timbul saat puasa atau kelaparan, kemudian lemak tersebut digunakan sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Sementara itu, untuk sumber lemak dalam diet keto ini sendiri diperoleh dari lemak sehat seperti alpukat, kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak-minyak seperti olive oil, minyak sayur dan canola.

3. Diet Mayo

Diet yang satu ini sempat populer di beberapa tahun belakangan setelah banyak orang yang berhasil membuktikan dalam menurunkan berat badannya. Diet mayo diklaim mampu menurunkan berat badan hingga 5 kilogram dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu.

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menghindari konsumsi garam dalam makanan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan kandungannya yang memiliki sifat menahan air didalam tubuh. Sehingga ketika terlalu banyak air dalam tubuh dan air tersebut tidak bisa dikeluarkan maka secara otomatis membuat berat badanmu bertambah.

Jadi setiap makanan kamu, harus diolah dengan cara direbus atau dikukus tanpa menggunakan garam, simple!

4. Diet Karbohidrat

Yang dimaksud dengan diet karbohidrat dalam diet ini adalah mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebanyak 40 gram dari jumlah yang biasa dimakan. Karena pada dasarnya zat karbohidrat sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, diet ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

5. Diet GM

Diet GM atau disebut juga diet General Motors ini awalnya hanya digunakan untuk para karyawan General Motors yang harus menurunkan berat badan dengan cepat dan efesien di Amerika Serikat pada tahun 1985. Namun kemudian cara diet ini menyebar kesemua kalangan umum.

Metode kerja dari diet GM ini sendiri yaitu dengan cara kamu diharuskan mengikuti program selama tujuh hari. Dimana, selama tujuh hari tersebut makanan yang kamu konsumsi sudah di tentukan perharinya. Ada hari dimana kamu hanya mengkonsumsi buah-buahan saja, kemudian sayur-sayuran saja, atau campuran keduanya, hingga pada menu daging dan beras.

Makanan yang ditentukan harus yang rendah kalori dan kaya asupan gizi. Selama seminggu kamu melakukan diet ini, berat badan kamu bisa menurun hingga 7 kilogram. Menggiurkan untuk dicoba bukan?

6. Diet Vegetarian

Pola diet vegetarian ini sebenarnya bisa dibilang bukan diet, melainkan lebih ke pola hidup yang tidak ingin makanan yang hidup (hewani). Inti dari diet Vegetarian ini yaitu hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Diet vegetarian sendiri umumnya tidak mengkonsumsi semua produk hewani kecuali seperti susu, madu dan telur.

Dari beberapa penelitian, kaum vegetarian cenderung mengkonsumsi lebih sedikit kalori, sehingga memiliki berat badan yang normal dan jarang terkena penyakit.

7. Diet 5:2

Diet 5:2 ini merupakan salah satu ragam diet yang dikembangkan oleh dua jurnalis di Inggris yaitu Michael Mosley dan Mimi Spencer lalu menyebar ke Eropa dan Amerika serikat hingga ke Indonesia.

Metode diet ini hampir sama dengan diet OCD yaitu sama-sama harus berpuasa. Tetapi, yang membedakannya adalah diet 5:2 ini kamu bebas menyantap apa saja selama 5 hari dalam seminggu dan di 2 hari selanjutnya kamu harus berpuasa selama 2 hari. Dihari puasa kamu hanya boleh menyantap ¼ dari total kalori harian, yakni 500 kalori untuk wanita dan 600 kalori bagi pria.

8. Diet Weight Watchers

Diet Weight Watchers berawal pada tahun 1960-an, dimana seorang ibu rumah tangga yang berhasil menurunkan berat badannya, namun ia khawatir jika beratnya naik kembali sehinga ia membentuk sebuah organisasi yang didalamnya berisikan sekumpulan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan untuk diberikan dukungan dan dibekali ilmu diet. Kini Weight Watcher telah menjadi salah satu perusahaan besar yang cabangnya berada di seluruh dunia.

Sistem diet ini tidak hanya berfokus pada pola makan saja, diet ini juga dikombinasikan dengan olahraga dan dukungan jaringan dari setiap Weight Watcher baik melalui pertemuan langsung maupun online.

9. Diet Zona

Diet ini juga berbeda dengan diet lainya. Diet ini bertujuan untuk menyeimbangkan asupan gizi yang setiap kali di makan. Dimana kandungan dari setiap makanan yang dimakan mengandung 40 persen karbohidrat, 30 persen lemak dan 30 persen sisanya protein.

Selain itu, diet zona sendiri juga berfokus dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh, sehingga dalam diet ini juga sangat disarankan untuk dapat mengkonsumsi karbohidrat dengan kualitas baik dan lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Cara Diet Alami dan Sehat Yang Benar

Cara Diet Alami

Sebelum kita membahas bagaimana cara diet yang alami dan sehat, kamu harus paham terlebih dahulu apa makna dari kata diet sebenarnya agar kamu tidak salah dalam melaksanakan program diet.

Secara bahasa kata diet berasal dari Yunani yang artinya cara hidup. Sedangkan, secara istilah pengertian diet adalah pengaturan pola makan, baik itu secara ukuran, porsi, maupun kandungan gizinya.

Nah, banyak orang yang salah dalam mengartikan kata diet itu sendiri. Bagi sebagian orang, pengertian diet adalah menguruskan badan dengan cara mengurangi kuantitas makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Tentu ini jelas merupakan pola pikir yang salah.

Nah, berikut tips agar berat badan kamu ideal tapi tetap sehat.

1. Niat dan Sabar

Hal yang paling pertama dan penting dalam menjalankan program diet sehat dan alami adalah niat yang kuat disertai kesabaran. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan cara instan tentu bukan bagian dari tips sehat ini. Karena, proses dari diet sehat itu sendiri yaitu dengan cara mengubah pola makan dan hidup sehat. Tentu akan sedikit sulit untuk diawal dan prosesnya lebih lama. Jadi, tetap perkuat niat dan kesabaran ya.

2. Kenali Tubuh Sendiri

Ada pepatah yang mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’, begitupun dengan tubuh kita. Ada baiknya sebelum melakukan program diet, kita mengetahui jumlah kandungan nutrisi yang ada dalam tubuh kita baik itu kadar lemak, protein, dan lainnya. Hal tersebut nantinya akan memudahkan kamu untuk menetapkan target dalam proses diet alami dan sehat yang kamu lakukan.

3. Tentukan Target

Jika kamu ingin mengurangi berat badan, menetapkan target realistis secara rutin dan berhasil memenuhinya akan membuat kamu merasa positif. Misalnya, setengah hingga satu kilogram perminggu adalah bobot sehat yang direkomendasikan. Karena, dari setengah kilogram lemak mengandung sekitar 3.500 kalori. Maka untuk mengurangi setengah kilogram per minggu, kamu perlu membakar setidaknya 3.500 kalori per minggu atau 500 kalori per hari. Itu jauh lebih realistis dan sehat.

4. Hindarin Makanan Kemasan atau Siap Saji

Hindari mengkonsumsi makanan dalam bentuk kemasan, siap saji, ataupun makanan yang digoreng. Kelompok makanan jenis ini banyak mengandung kalori, bahan pengawet, dan garam. Selain menghambat proses menurunkan berat badan, makanan-makanan tersebut juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tetapi, untuk diawal kamu bisa memulainya dengan mengurangi sedikit demi sedikit. Misalnya, yang biasa kamu makan gorengan seminggu 3 kali bisa dikurangi menjadi seminggu sekali dan ganti cemilan kamu dengan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin. Lakukan secara perlahan tetapi pasti, itu jauh lebih baik hasilnya.

5. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Serat

Salah satu cara diet alami yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran diantaranya alpukat, pisang, pepaya, kacang polong, kentang, brokoli, kubis, pir, jagung, beras merah dan jambu biji.

6. Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Untuk yang ingin memulai diet sehat, disarankan untuk makanan yang akan dikonsumsi setiap hari di proses dengan cara dikukus atau direbus. Hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan makanan yang di goreng atau masakan yang menggunakan minyak. Karena, makanan yang dikukus atau direbus dalam waktu yang tidak terlalu lama masih memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap dibandingkan dengan yang digoreng. Seperti yang kita ketahui makanan yang di goreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

7. Atur Ulang Isi Piring Kamu

Jika kamu terbiasa dengan menu nasi padang, nasi goreng, mie ataupun bakso dengan jumlah porsi yang banyak, maka untuk penerapan diet sehat ini kamu harus bisa mengatur porsi dan jenis makanan sehat dipiring kamu.

Misalnya, pilihlah jenis karbohidrat sehat yang jumlah kalorinya jauh lebih sedikit dibandingkankan nasi putih, seperti beras merah ataupun kentang. Kemudian, penuhi sepertiga piring kamu dengan sayuran dan buah-buahan, selanjutnya kamu dapat menambahkan ikan atau daging tanpa lemak yang diproses dengan cara direbus, kukus atau di bakar.

Untuk cemilan kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan ataupun buah segar yang tidak banyak mengandung kalori dan gula.

8. Hitung Kalori Dari Setiap Makanan Yang Kamu Makan

Kalori adalah sebuah satuan unit pengukuran untuk menyatakan jumlah energi dalam makanan. Saat kita makan atau minum, kita memberi asupan energi (kalori) dalam tubuh, yang nantinya tubuh akan menggunakan energi tersebut sebagai bahan bakar untuk berbagai aktivitas yang kita lakukan.

Standar asupan kalori per hari dari setiap orang berbeda-bada, baik dari jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan serta aktivitas per orangan tersebut. Berdasarkan Nasional Health Service di Inggris, laki-laki disarankan mengkonsumsi sebanyak 2500 kalori per hari dan wanita sebanyak 2000 kalori. Sementara menurut Food and Agriculture Organization (FAO), menyarankan orang dewasa rata-rata harus mengkonsumsi 1800 kalori perhari.

Oleh sebab itu, menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita setiap hari adalah hal yang penting. Karena kelebihan kalori akan menyebabkan obesitas dan kekurangan jumlah kalori dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kamu seperti sering pusing ataupun sakit kepala.

Sedikit lebih ribet memang, tapi demi mencapai target dan pola hidup yang lebih sehat tidak ada salahnya dilakukan.

9. Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu komponen yang penting dalam menerapkan pola diet dan hidup sehat bagi tubuh kamu. Selain olahraga dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan organ-organ tubuh seperti jantung, serta dapat memperlancar peredaran darah. Itu kenapa orang yang mengkombinasikan pola makan sehat dengan olahraga mereka terlihat lebih awet muda.

Nah, jika kamu tidak terbiasa dengan olahraga berat, kamu bisa memulainya dengan melakukan aktivitas-aktivitas ringan lebih banyak, seperti memperbanyak berjalan kaki, bersepeda santai, atau olahraga-olahraga ringan lainnya.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mencegah terjadinya dehidrasi dan memperlancar metabolisme tubuh, tentu khasiat dari banyak minum air putih tidak diragukan lagi terutama untuk yang sedang melakukan program diet sehat dan alami.

Karena, saat tubuh sedang bekerja dalam proses pembakaran lemak, tubuh memerlukan kandungan air lebih banyak dari biasanya untuk melarutkan lemak-lemak yang telah dibakar dan lemak tersebut kemudian dikeluarkan melalui keringat, urine, dan fases.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Waktu Diet

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Waktu Diet

Kebanyakan orang yang menjalani program diet selalu berasumsi untuk menurun berat badan dengan cara yang instan. Padahal, untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat itu memerlukan proses yang panjang.

Banyak kesalahan-kesalahan mendasar yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang sedang menjalani proses diet. Sehingga, tidak sedikit orang yang menjadi frustasi dikarenakan berat badannya tidak kunjung turun atau sudah turun tapi naik lagi.

Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang saat sedang menjalani program dietnya.

1. Melewatkan Makan Utama

Kesalahan ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang sedang diet. Kebanyakan masih memiliki pola pikir bahwa jika tidak makan, maka asupan kalorinya berkurang sehingga bisa membuat meraka cepat kurus. Salah besar, dari beberapa hasil penelitian seseorang yang makan tepat waktu, pagi, siang dan malam, jauh lebih bisa menjaga berat badan idealnya. Berikut pola makan utama yang dapat kamu ikuti :

  • Sarapan pagi, paling utama yang dibutuhkan tubuh. Kenapa, selama kita tidur 7-8 jam dimalam hari, tubuh tetap terus bekerja. Itu sebabnya, ketika pagi hari penting bagi kita untuk segera memberi asupan-asupan nutrisi kedalam tubuh seperti protein, zat besi, kalsium, serat, kabohidrat dan lainnya. Karena, nutrisi penting ini nantinya digunakan untuk membakar kalori dan melakukan fungsi-fungsi tubuh lainnya. Jam idealnya sarapan pagi itu antara pukul 07.00-10.00 WIB
  • Makan siang, bila kamu tidak sarapan pagi, maka tubuh cenderung cepat lelah dan menimbulkan efek lapar yang sangat besar sehingga pada jam makan siang kamu cenderung akan makan lebih banyak. Tentu kandungan kalorinya pun ikut banyak, jadi baiknya selalu sarapan pagi dahulu yah. Untuk makan siang idealnya kisaran pukul 12.30-14.00 WIB.
  • Makan malam, banyak yang beranggapan jika makan malam tidak bagus untuk yang sedang menjalankan diet, padahal jika perut merasa kelaparan dan susah bisa tidur hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab sulitnya turun berat badan. Kita diperbolehkan makan malam asalkan beri jarak antara 3-4 jam dari waktu tidur kita. Karena saat tidur, otomatis kinerja lambung juga ikut berhenti. Sehingga makanan yang kita makan tadi menumpuk membusuk dan tidak tercerna. Maka itu salah satu penyebab terjadinya penumpukan lemak di perut. Kisaran jam makan malam yang baik yaitu sekitar pukul 18.00-21.00 WIB.

2. Tidak Mengkonsumsi Karbohidrat

Gizi diciptakan untuk kebutuhan tubuh manusia, termasuk salah satunya karbohidrat. Walaupun sedang menjalani program diet, bukan berari kamu harus menghentikan atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Tubuh kita juga memerlukan asupan-asupan tersebut. Karena, tidak mengkonsumsi korbohidrat sama halnya memperlambat proses metabolisme yang akan menghambatnya proses penurunan berat badan.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Berkalori

Orang yang melakukan diet cenderung menghindari makanan yang mengandung kalori, tetapi sebagai gantinya meraka mengkonsumsi lebih banyak minuman manis. Seperti, kopi dengan cream, teh manis, minuman bersoda dan lainnya. Tanpa mereka ketahui bahwa kalori dalam minuman tersebut tidak kalah banyaknya dan rasa manis yang terdapat dalam minuman tersebut akan membuat perut merasa lapar dan akhirnya kamu akan makan lebih banyak.

4. Menetapkan Target Yang Tidak Realistis

“Pokoknya dalam waktu seminggu harus turun 7 kilogram yes!!!”, hadehhh please deh. Terkadang target-target seperti itu yang membuat kamu melakukan diet ekstrem yang jelas akan berefek sangat tidak baik bagi psikis, tubuh dan kesehatan kamu. Kenapa, pertama ketika target tersebut tidak tercapai maka kamu akan stres dan ketika kamu stres, maka cenderung membuat kamu makan lebih banyak lagi.

Kedua, mungkin kamu bisa menurunkan berat badan kamu sebanyak 7 kilogram dalam waktu sepekan, tapi yang namanya proses instan maka kembali naiknya juga akan instan bahkan ketika naik lagi berat badan kamu cenderung susah untuk turun lagi. Dalam ilmu medis biasa mereka menyebutnya dengan Yoyo Syndrom atau Sindrom Yoyo, itu sebabnya kenapa diet ekstrim sangat tidak disarankan bagi yang ingin menurunkan berat badan.

5. Berhenti Menimbang Berat Badan Setiap Hari

Menimbang berat badan setiap hari akan membuat pikiran kamu terganggu. Hal ini akan memicu kamu untuk berhenti melakukan penurunan berat badan yang sulit untuk turun. Dari pada menimbang setiap hari lebih baik kamu fokus pada program jangka panjang seperti menurunkan 1-2 kilogram dalam seminggu, itu jauh lebih membuat kamu semangat.

Yupss… itu dia tips-tips diet alami dan sehat dari kita. Semoga teman-teman yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal namun sehat dapat terbantu dengan tips dan informasi yang kami berikan. Namun satu hal yang harus ditanamkan dalam pola pikir kamu bahwa ‘kurus’ itu terlalu ambigu dijadikan sebuah indikator kesuksesan dari diet kamu. Karena, orang yang terkena penyakit diabetes ataupun tifus mempunyai badan yang kurus, tapi apakah itu sehat???.

Jadi, ubah pola pikir kamu yang dulu melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang kurus melainkan ingin menjalani hidup sehat. Jika tubuh sehat maka kurus itu akan mengikuti. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: