Sedang Hamil ? Berikut Tips Sehat Ibu Hamil Yang Harus Bunda Lakukan

Sedang Hamil ? Berikut Tips Sehat Ibu Hamil Yang Harus Bunda Lakukan

Hai Bunda, sebelumnya selamat ya atas kehamilannya…

Berita kehamilan selalu menjadi momen kebahagiaan yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Apalagi bila ini adalah kehamilan pertama anda. Tentu, kehadiran buah hati dalam kondisi sehat dan sempurna menjadi dambaan setiap bunda. Berbagai cara pun ditempuh demi menjaga buah hati agar tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.

Namun, kebanyakan bunda yang pertama kali hamil sering kali mengalami kebingungan karena belum adanya pengalaman kehamilan. Terlebih pada saat diawal kehamilan terkadang para bunda mengalami beberapa gejala seperti rasa mual, pusing, mudah lelah, mood yang berubah-ubah serta beberapa hal lainnya. Tentu gejala-gejala tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pada si calon bayinya.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat bunda lakukan untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.

Mulailah Hidup Sehat

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah hidup sehat. Karena pola hidup sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan secara menyeluruh. Mulailah melakukan pola hidup sehat dengan cara  menjaga pola makan yang teratur, asupan gizi yang baik, olahraga serta perbanyaklah minum air putih sebanyak 8 gelas perhari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Olahraga Rutin

Olahraga ringan secara rutin dapat melancarkan peredaran darah agar tubuh tetap bugar dan tidak gampang terserang penyakit. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai,disekeliling rumah dipagi hari, senam, yoga dan lain-lain. Tapi ingat, jangan melakukan olahraga ekstrim selama proses kehamilan karena dapat membahayakan janin.

Tubuh yang metabolismenya baik, akan lebih mudah menghadapi masalah-masalah seperti morning sick dan lain-lain loh bun..

Konsumsi Sayuran dan Buah Segar

Seperti yang kita ketahui, masa awal kehamilan adalah masa yang terpenting dalam tumbuh kembang janin dimana organ-organ mulai tumbuh dan berkembang. Jadi, penting bagi calon ibu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan gizi yang tinggi dan seimbang seperti sayuran dan buah-buah segar.

Penuh Gizi, Vitamin dan Nutrisi

Vitamin, energi dan protein adalah tiga nutrisi tubuh yang diperlukan penambahan jumlahnya saat seorang perempuan dinyatakan positif mengandung. Diantara jenis vitamin yang perlu ditambah dalam jumlah cukup adalah vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan asam folat serta omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Minum Susu Ibu Hamil

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, bunda juga perlu mengkonsumsi susu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Susu ibu hamil diperkaya dengan berbagai macam nutrisi bermanfaat yang sangat baik untuk perkembangan janin.

Hindari Makanan Tidak Sehat

Ubah kebiasaan makan bunda, apabila tadinya doyan makan yang tidak sehat, maka harus makan yang sehat-sehat saja. Hindari junk food, hindari juga minuman bersoda dan beralkohol. Mungkin akan terasa berat pada awalnya, namun tidak ada salahnya untuk berjuang demi si kecil.

Hindari Rokok dan Alkohol

Hindarilah asap rokok, bila anda seorang perokok aktif, maka berhentilah. Karena, rokok mengandung berbagai zat kimia yang akan sangat berbahaya untuk perkembangan dan kesehatan janin. Begitupun dengan perokok pasif, karena perokok pasif dua kali lebih berbahaya dari pada perokok aktif bun.

Selanjutnya, hindari untuk minum alkohol. Efek alkohol pada ibu hamil akan sangat berat diterima oleh janin. Diantaranya bayi dengan IQ rendah, miskin keterampilan kognitif, miskin memori, defisit perhatian, perilaku impulsif, miskin penalaran sebab-akibat dan cacat fungsi motorik .

Hindari Mengonsumsi Kimia

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia. Terlebih untuk mengatasi rasa mual saat hamil. Sangat disarankan agar bunda mencari alternatif lain dari makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran atau aroma buah untuk mengatasi rasa mual.

Selain mengkonsumsi obat-obatan, bunda juga disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan-bahan kimia yang beresiko menimbulkan bahaya seperti pembersih lantai, pembersih keramik, atau bahan-bahan lain beraroma keras.

Konsultasi dengan Dokter

Jangan menunda untuk kontrol pada dokter setelah mengetahui jika bunda  hamil. Carilah dokter kandungan terbaik ya bunda, bukan yang termurah atau sekedar dekat dengan rumah. Sangat penting untuk mengetahui kondisi perkembangan bayi di dalam perut anda.

Mintalah resep tambahan atau multivitamin pada dokter apabila memang kondisi anda lemah dan mudah jatuh sakit. Hindari mengkonsumsi sembarang obat kimia dan obat tradisional tanpa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Bila sedang berkonsultasi dengan dokter, ceritakan riwayat kesehatan bunda secara lengkap sehingga ia dapat mengerti dan ditangani dengan baik.

Diskusi dengan Teman Yang Pernah Hamil

Jika ini kehamilan pertama bunda, belajar dari pengalaman dan bertanya kepada teman yang pernah hamil tidak ada salahnya. Namun, jangan langsung menelan mentah-mentah informasi tersebut ya, pelajari lebih lanjut lagi informasi tersebut.

Jaga Kondisi Fisik

Usahakan tetap menjaga kondisi fisik tubuh selalu sehat. Jangan terlalu banyak melakukan aktifitas yang terlalu berat dan melelahkan, karena dapat mengganggu kesehatan janin dalam perut bunda.

Sebaiknya istirahat yang cukup serta tidur tepat waktu sangat disarankan untuk bunda. Karena secara alami saat bunda beristirahat dapat mengendurkan saraf otak yang berdampak mencegahnya timbul stres. Juga disaat tidur sel-sel dalam tubuh bunda akan beregenerasi sehingga bunda merasa segar saat bangun tidur dan melakukan kegiatan keesokan hari tanpa merasa kelelahan.

 

Hindari Stres

Jaga diri bunda dari stres selama kehamilan. Stres dapat meningkatkan risiko kerusakan otak bawaan pada bayi.  Stres yang disebut di sini tidak disebabkan karena kecemasan biasa kehidupan sehari-hari, namun yang lebih berat seperti shock emosional. Kerusakan pada otak bayi mungkin disebabkan oleh peningkatan hormon stres kortisol yang dapat mengganggu perkembangan janin .

Pada ibu hamil sering sekali mengalami perubahan hormon yang sangat memicu perubahan emosional yang bisa mengakibatkan stres. Beban pikiran yang berat juga menjadi faktor utama penyebab terjadinya stres. Jadi penting buat bunda untuk menghindari dan mengontrol emosi yang berlebihan. Karena, gangguan emosi  yang berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan hormon stres kortisol yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak janin sehingga mengganggu perkembangan janin bahkan stres yang berlebih rentan terjadinya keguguran.

Perluas Wawasan Kehamilan

Mulailah membaca buku atau browsing info tentang kehamilan dari sumber yang dapat dipercaya. Jangan hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang. Semakin banyak informasi yang bunda dapatkan seputar kehamilan, maka wawasan bunda akan semakin bertambah.

Nah, itulah beberapa tips sehat yang dapat kami berikan kepada bunda yang sedang mengandung. Semoga bermanfaat ya.

 

.

Leave a Comment

%d bloggers like this: